Benang Tertinggal Saat Operasi, Benarkah Dapat Sebabkan Kematian ?? SIMAK Selengkapnya

Benang Tertinggal Saat Operasi, Benarkah Dapat Sebabkan Kematian ?? SIMAK Selengkapnya

iklan 336x280 iklan link responsive
iklan 336x280 iklan link responsive

Baca Juga

Lintas-berita.com - Kabar dan Info Menarik untuk Anda, Seorang dokter di Madiun harus mendekam di penjara setelah Mahkamah Agung menetapkan dokter tersebut bersalah atas kematian salah satu pasiennya. Dalam putusannya, MA menyebutkan bahwa dr Bambang Suprapto SpB, MSurg, dari RS DKT Madiun bersalah atas kematian pasien Johanes Tri Handoko.


Penyebabnya adalah kelalaian dr Bambang ketika melakukan operasi pengangkatan tumor pada usus pasien. Kelalaian tersebut berupa tertinggalnya benang jahitan berwarna hitam di bagian usus pasien yang bocor. Setelah mengeluh perutnya sakit, pasien Johanes akhirnya meninggal dunia.

Lalu seberapa serius efek benang atau peralatan operasi lain yang tertinggal di dalam perut? Benarkah dapat menyebabkan kematian?

"Sebenarnya sangat jarang ya bisa menyebabkan kematian. Paling sering itu infeksi, peradangan atau abses saja kalau ada yang tertinggal di dalam perut usai operasi," tutur dr Errawan Wiradisuria, SpBD (K)BD,MKes, dari RS Premier Bintaro ketika dihubungi detikHealth, Kamis (10/7/2014).

Dikatakan dr Errawan, kasus tertinggalnya barang atau peralatan di dalam tubuh pasien bedah usai operasi sangat jarang terjadi. Sehingga kasus kematian akibat barang yang tertinggal di dalam perut tentunya lebih kecil lagi kemungkinan terjadinya.

Bukan hanya itu saja, dr Errawan mengatakan bahwa alasan utama barang yang tertinggal di dalam perut tidak menyebabkan kematian adalah kondisi peralatan yang steril ketika digunakan pada waktu operasi. Sehingga kalaupun ada infeksi, biasanya itu terjadi akibat kuman atau bakteri yang ada di dalam tubuh, bukan dari luar atau bawaan alat.

"Ada yang di dalam perutnya ada gunting kecil namun 20 tahun tidak terasa. Karena memang tidak berbahaya ya. AKan tetapi kalau yang tertinggal kasa atau perban, bisa menyebabkan abses atau bernanah karena permukaannya berpori. Sehingga kuman ngumpul semua disitu," sambung dokter yang juga praktek di RS Persahabatan Rawamangun tersebut.

BACA juga Informasi Menarik lainnya :


Karena itu menurutnya masyarakat tidak perlu cemas sebelum melakukan operasi. Selain steril, dokter juga mempunyai prosedur khusus ketika operasi yang mencegah terjadinya barang tertinggal di dalam perut.

"Jadi sebelum dan sesudah operasi itu alat yang digunakan dihitung. Gunting sebelumnya 5 sesudah operasi harus 5. Kasa dan perban juga, kalau sebelum operasi 20, selesai operasi juga 20," pungkasnya. (Healt-Detik)
iklan 336x280 iklan link responsive (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Benang Tertinggal Saat Operasi, Benarkah Dapat Sebabkan Kematian ?? SIMAK Selengkapnya
4/ 5
Oleh