Benang Tertinggal Saat Operasi, Benarkah Dapat Sebabkan Kematian ?? SIMAK Selengkapnya

Lintas-berita.com - Kabar dan Info Menarik untuk Anda, Seorang dokter di Madiun harus mendekam di penjara setelah Mahkamah Agung menetapkan dokter tersebut bersalah atas kematian salah satu pasiennya. Dalam putusannya, MA menyebutkan bahwa dr Bambang Suprapto SpB, MSurg, dari RS DKT Madiun bersalah atas kematian pasien Johanes Tri Handoko.


Penyebabnya adalah kelalaian dr Bambang ketika melakukan operasi pengangkatan tumor pada usus pasien. Kelalaian tersebut berupa tertinggalnya benang jahitan berwarna hitam di bagian usus pasien yang bocor. Setelah mengeluh perutnya sakit, pasien Johanes akhirnya meninggal dunia.

Lalu seberapa serius efek benang atau peralatan operasi lain yang tertinggal di dalam perut? Benarkah dapat menyebabkan kematian?

"Sebenarnya sangat jarang ya bisa menyebabkan kematian. Paling sering itu infeksi, peradangan atau abses saja kalau ada yang tertinggal di dalam perut usai operasi," tutur dr Errawan Wiradisuria, SpBD (K)BD,MKes, dari RS Premier Bintaro ketika dihubungi detikHealth, Kamis (10/7/2014).

Dikatakan dr Errawan, kasus tertinggalnya barang atau peralatan di dalam tubuh pasien bedah usai operasi sangat jarang terjadi. Sehingga kasus kematian akibat barang yang tertinggal di dalam perut tentunya lebih kecil lagi kemungkinan terjadinya.

Bukan hanya itu saja, dr Errawan mengatakan bahwa alasan utama barang yang tertinggal di dalam perut tidak menyebabkan kematian adalah kondisi peralatan yang steril ketika digunakan pada waktu operasi. Sehingga kalaupun ada infeksi, biasanya itu terjadi akibat kuman atau bakteri yang ada di dalam tubuh, bukan dari luar atau bawaan alat.

"Ada yang di dalam perutnya ada gunting kecil namun 20 tahun tidak terasa. Karena memang tidak berbahaya ya. AKan tetapi kalau yang tertinggal kasa atau perban, bisa menyebabkan abses atau bernanah karena permukaannya berpori. Sehingga kuman ngumpul semua disitu," sambung dokter yang juga praktek di RS Persahabatan Rawamangun tersebut.

BACA juga Informasi Menarik lainnya :


Karena itu menurutnya masyarakat tidak perlu cemas sebelum melakukan operasi. Selain steril, dokter juga mempunyai prosedur khusus ketika operasi yang mencegah terjadinya barang tertinggal di dalam perut.

"Jadi sebelum dan sesudah operasi itu alat yang digunakan dihitung. Gunting sebelumnya 5 sesudah operasi harus 5. Kasa dan perban juga, kalau sebelum operasi 20, selesai operasi juga 20," pungkasnya. (Healt-Detik)

Gampang ! Kenali Tanda-tanda Makanan yang Terindikasi Formalin dan Boraks .

Lintas-berita.com - Kabar dan Info Menarik untuk Anda, Terkait dunia kesehatan makanan. Maraknya temuan bahan makanan yang positif mengandung formalin dan boraks di Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (7/6/2017) membuat masyarakat resah.


Pasalnya, dari sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Purbalingga, petugas mendapati banyak sekali bahan makanan berbahaya beredar bebas di masyarakat. Salah satu tim penguji Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purbalingga, Samsul Arifin mengatakan, makanan yang mengandung formalin,boraks, dan zat pewarna tekstil tidak layak dikonsumsi karena akan berpengaruh pada kesehatan masyarakat.

• Pewarna dan Pengawet Makanan Sangat Merusak Organ Tubuh, Ini 5 Minuman Peluntur Racunnya
“Konsumsi zat berbahaya tersebut jika diteruskan dalam jangka panjang akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Sebab, ginjal yang berfungsi sebagai penyaring zat berbahaya akan bekerja ekstra dan berakibat pada ginjal lemah dan lebih parah lagi gagal ginjal,” jelasnya.

Dengan maraknya makanan mengandung formalin, boraks, dab pewarna tekstil membuat kita pun harus cerdas dalam memilih, mampu mengenali makanan dengan dua zat berbahaya itu.
Secara klinis, sampel makanan yang mengandung zat pewarna tekstil seperti zat rodamin B untuk warna merah dan mettanil yellow untuk warna kuning akan memperlihatkan reaksi tertentu.

Caranya dengan menambahkan air ke dalam sampel kemudian dikocok, setelah itu diberi zat pengurai, kemudian didiamkan sesaat. Jika positif, akan terbentuk warna ungu melingkar seperti cincin di tabung.
"Untuk makanan berformalin, setelah dicampur air akan berwarna ungu. Kemudian untuk makanan yang mengandung boraks akan berwarna kuning kecoklatan," katanya.

Namun tak mungkin bagi kita untuk melakukan tes ketika membeli makanan. Maka, kemampuan mengenali secara sekilas diperlukan. Samsul menjelaskan, makanan berformalin sebenarnya bisa dilihat secara visual. Salah satunya adalah teksturnya. Apabila makanan basah seperti baso, mie basah, atau otak-otak ditekan, akan terasa sangat kenyal.

Sedangkan untuk makanan yang mengandung boraks, dapat dites menggunakan tusuk gigi yang terlebih dulu dilumuri kunyit, kemudian dijemur hingga kering. Makanan yang diduga mengandung boraksditusuk dengan tusuk gigi. Lalu, perubahan warna setelah beberapa detik diamati.
"Jika ada perubahan warna kuning kecoklatan maka bahan makanan tersebut mengandung boraks,” ujarnya.

BACA juga Info Menarik dan Bermanfaat lainnya :


Meskipun kadang menjijikan, tambah Samsul, keberadaan lalat juga dapat menjadi indikasi alami makanan tersebut mengandung bahan kimia atau tidak. Apabila makanan basah seperti daging tidak dikerumuni lalat, maka kita pantas curiga. Pasalnya, lalat tidak akan menghinggapi makanan basah yang mengandung boraks, formalin atau bahan pengawet lainnya.
“Jika sudah ada tanda-tanda tersebut, diharapkan masyarakat untuk tidak membelinya,” tambah Samsul.

Kandungan formalin, boraks dan zat pewarna makanan juga bisa diketahui menggunakan lampu ultraviolet. Caranya sama dengan mengetes uang, yakni dengan mendekatkan makanan ke lampu maka akan terlihat warnanya menyala. (M Iqbal Fahmi/Kompas.com)

Mengerikan !! Tangan Pemandi Mayat Lekat di Kemaluannya Jenazah Pelacur, ternyata INI penyebabnya . . BACA dan Bantu Share YA artikel bermanfaat ini . .

Lintas-berita.com - Kabar dan info menarik untuk Anda, Sebuah Kisah Nyata yang terjadi di zaman Imam Malik. Diceritakan ada seorang wanita yang sangat buruk akhlaknya. Dia selalu tidur bersama lelaki dan tidak pernah menolak ajakan lelaki.


Sehingga tiba lah pada hari kematiannya, ketika dia dimandikan oleh seorang wanita yang memang kerjanya memandikan mayat. Namun, tanpa terduga tiba-tiba tangan si pemandi mayat itu terlekat pada kemaluan mayat wanita itu dan tidak mau terlepas.

Semua penduduk dan ulama gempar dengan kejadian tersebut. Bagaimana tidak, tangan si pemandi mayat terlekat sehingga semua orang yang hadir di situ mati akal untuk melepaskan tangannya dari mayat wanita tadi.

Ada 2 cara untuk menyelesaikan masalah itu. Pertama, memotong tangan wanita pemandi mayat tersebut dan kedua kubur kedua wanita itu sekaligus dalam tanah.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk meminta pendapat dari Imam Malik. Imam Malik bukan orang yang gampang memberi fatwa. Pernah suatu ketika, Imam Malik mendapat 40 pertanyaan, tetapi yang dijawabnya hanyalah 5. Ini menunujukkan akan berhati-hatinya dan betapa sensitifnya beliau dalam menjawab masalah agama.

Kemudian Imam Malik bertanya kepada wanita si pemandi mayat itu bahwa adakah dia berkata apa-apa kepada mayat tersebut sewaktu memandikannya. Wanita pemandi mayat itu berkata bahwa dia pernah mengatai mayat tersebut sewaktu membersihkan tubuhnya:
“Ya Allah.. Berapa kali tubuh ini telah melakukan zina”

Imam Malik berkata “Kamu telah menjatuhkan Qadzaf (tuduhan zina) pada wanita tersebut, sedangkan kamu tidak mendatangkan 4 orang saksi. Maka kamu harus dijatuhkan hukuman hudud 80 kali karena tidak bisa mendatangkan saksi.” Setelah wanita pemandi mayat itu dikenakan hukuman 80 sabetan maka terlepaslah tangannya dari mayat tersebut.

HIKMAH DAN PELAJARAN

Berdasarkan kisah di atas, hendaklah kita senantiasa menjaga lidah kita. Jangan sembarangan membuat fitnah atau bersangka buruk dengan orang lain. Jaga lidah jangan sebarkan fitnah, jangan bersangka buruk dengan kuasa Allah Taala.

Kalau kita tahu dia itu seorang pelacur sekalipun, tapi kalau tak pernah lihat perbuatan maka kita dilarang menuduhnya berzina. Kisah tentang Pemandi Mayat ini sudah semestinya dijadikan sebagai pelajaran dan iktibar.

BACA Kabar dan Info Menarik lainnya :


Karena itu ingatlah, apabila kita membantu menyebar sesuatu kebohongan atau perkara buruk dalam masyarakat atau negara, yang mana kita tidak menyaksikan dan tiada saksi, maka tunggulah suatu hari nanti balasan yang kita terima.

sumber : http://palembang.tribunnews.com/

Ini baru WONDERWOMAN, Gadis Cantik Ini Pilih Pekerjaan Menjadi Kuli Bangunan, Alasannya Sungguh Tak Disangka ! BACA jika KAGUM.

Lintas-berita.com - Kabar dan Info Menarik untuk Anda, Pekerjaan menjadi seorang kuli bangunan biasanya identik dengan pria. Apalagi kuli bangunan rata-rata harus melakukan pekerjaan berat yang membutuhkan tenaga dan stamina yang tinggi, tak jarang pekerjaan ini digeluti oleh kaum pria bertubuh kuat.


Gadis Cantik Ini Pilih Pekerjaan Menjadi Kuli Bangunan, Alasannya Sungguh Tak Disangka! Menakjubkan, Namun di Tiongkok, ada pemandangan tak biasa.

Pasalnya ada seorang gadis cantik bertubuh indah terlihat bekerja sebagai tukang kuli bangunan. Karena jumlah penduduk yang sangat banyak tak jarang banyak warga Tiongkok tak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Mungkin ini alasan kenapa gadis cantik ini mau melakukan pekerjaan menjadi kuli bangunan untuk mendapatkan sesuap nasi. Video dari gadis cantik ini saat sedang bekerja jadi viral di media sosial Tiongkok.

Alasannya sudah pasti karena ia memiliki paras yang cantik. Gadis yang belum diketahui namanya ini rela memanggul semen, bata dan bahan matrial lainnya, bahkan ia juga mengaduk semen layaknya kuli bangunan pria.

Ternyata alasan di balik kerelaannya melakukan pekerjaannya sebagai kuli sungguh mengharukan. Ia mengatakan bahwa ia ingin membantu kedua orangtuanya.

Videonya itu pertama kali diunggah ke halaman Facebook Youlike pada hari Minggu (28/5).

Sampai saat ini video tersebut telah dilihat lebih dari 8 juta kali dan sudah mendapat lebih dari 18.000 like. Banyak netizen dari berbagai negara yang mengaku salut dengan pengabdian gadis tersebut untuk kedua orangtuanya.

BACA juga artikel Menarik lainnya :


Meski memiliki paras yang cantik, ia tak memanfaatkan kecantikannya untuk mendapatkan uang. Ia justru memilih pekerjaan menjadi kuli bangunan meski itu pekerjaan berat.

Simak video-nya berikut ini. (Viralmaya)

Kisah Nyata ! Ternyata BENAR, Istri yang Kumpulkan Uang ROKOK Suami Selama Satu Tahun dan Cukup Untuk Beli Motor Baru Ini Ramai Dibicarakan Masyarakat. BACA Selengkapnya. .

Lintas-berita.com - Kabar dan info Menarik khusus untuk Anda. Merokok sepertinya menjadi salah satu aktivitas masyarakat yang sulit untuk dikendalikan. Seperti yang kita tahu bahwa selama ini pemerintah sudah membuat aneka larangan serta peringatan untuk mengurangi jumlah perokok.


Namun hasilnya, memang benar bila banyak orang berkata hanya perokok tersebutlah yang mampu menghentikan dirinya sendiri. Belakangan ini ada sebuah unggahan cukup viral dari sebuah akun facebook mengenai hal tersebut.

Memang sih pemilik akun bernama Dita Sari Wootekh yang baru-baru ini sering dibicarakan tidak menuliskan tentang pengalaman atau cara berhenti merokok di akunnya. Melainkan perempuan tersebut bercerita betapa bahagianya keluarganya karena berhasil mengumpulkan uang jutaan dari hasil uang rokok sang suami. Tentu saja unggahan itu menjadi viral karena banyak yang ingin mencobanya.

Sang suami sudah berhenti merokok selama 1,5 tahun

Belum lama ini, akun facebook bernama Dita Sari Wootekh menceritakan pengalaman keluarganya setelah sang suami berhenti merokok. Perempuan yang tinggal di daerah Purwodadi itu menceritakan bahwa kurang lebih sudah 1,5 tahun sang suami memutuskan untuk berhenti merokok. Tepatnya pada sekitar bulan November di 2015, itupun atas kemauan sendiri tanpa ada campur tangan siapapun termasuk dirinya.


Status Dita [image source]

Dita Sari juga menuliskan bahwa alasan suaminya berhenti merokok bukanlah karena ingin menghemat pengeluaran keluarga, melainkan murni ingin hidup sehat. Karena saat itu cerita Dita, suaminya mampu menghabiskan 3 sampai 4 bungkus rokok dalam satu hari. Awalnya perempuan ini merasa tak percaya akan iktikad suaminya, namun dia tetap mendukung niat baik tersebut. Dan sampai sekarang memang benar bahwa suaminya mampu hidup lebih sehat.

Uang rokok ditabung dalam celengan

Selain itu, ternyata suami Dita juga membuat sebuah komitmen yang menurutnya cukup menggelikan. Sang suami mengubah sebuah akuarium bekas di rumahnya menjadi celengan. Bisa dibilang bahwa celengan tersebut memang khusus, karena di sanalah pasangan suami istri ini setiap hari memasukkan uang anggaran rokok harian. Celengan berjudul The Power of 20rb itu juga dikhususkan untuk uang nominal dua puluh ribu rupiah.


Celengan akuarium [image source]

Mereka memiliki perjanjian untuk hanya memasukkan uang Rp 20 ribu saja rutin setiap hari dan tidak ada pecahan lain yang diperbolehkan masuk celengan itu. Jadilah mereka setiap hari memasukkan uang Rp 20 ribu yang awalnya untuk membeli rokok dalam celengan. Hingga dari hari ke hari Dita dan suami tidak menyangka bahwa semakin lama akuarium tersebut berisi tumpukan Rp 20 ribu yang entah berapa totalnya.

Total uang di celengan bisa untuk membeli motor

Satu hal yang juga membuat unggahan Dita ramai dibicarakan dan dibagikan oleh netizen adalah hasil akhir perjuangan si celengan. Perempuan tersebut menyebutkan bahwa makin hari semakin banyak pula uang di akuarium mereka. Dan saat memutuskan untuk membongkarnya di musim mudik kali ini, siapa sangka hasilnya terbilang luar biasa fantastis. Dita menyebutkan bahwa nominal tersebut bisa digunakan untuk membeli satu unit sepeda motor.

Uang celengan [image source]

Bayangkan, dengan Rp 20 ribu yang dikumpulkan selama satu tahun, mereka bisa mendapat sebuah motor baru. Namun Dita memang tidak menyebutkan berapa nominalnya karena tidak etis menurutnya. Sejak itu, setiap melihat pecahan Rp 20 ribu pasangan ini selalu ingin memasukkannya dalam si akuarium dengan menggebu-gebu. Sampai-sampai dalam status tersebut Dita menuliskan, “COBA KLU GAK PERCAYA!!! RASAKAN SENSASINYA”

Pro-kontra unggahan Dita

Tak lupa di akhir statusnya perempuan ini menuliskan bahwa silahkan saja bila ada yang ingin mencoba cara mereka, karena semuanya tergantung kepercayaan masing-masing. Status yang sudah dibagikan oleh kurang lebih 69 ribu pengguna facebook itu ternyata tidak lepas dari pro kontra. Di samping banyaknya orang yang merasa terinspirasi dan bahkan meminta tips, ada pula mereka yang tidak percaya.


Bersama suami dan anak [image source]

Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa Dita sengaja mengambil foto-foto uang tersebut di internet. Namun dari banyaknya penyangkalan itu, ibu rumah tangga ini kemudian menulis status terbaru yang menyebutkan bahwa ceritanya adalah benar.

BACA juga artikel Menarik lainnya :


Bahkan foto pria dan anak kecil di samping tumpukan uang Rp 20 ribu itu memang benar suami dan anaknya. Dia juga mengingatkan untuk selalu berpikiran positif, terutama untuk orang-orang tak bertanggungjawab yang mengambil foto tersebut tanpa ijin untuk membuat unggahan lain.

Wow, inilah yang disebut niat baik berujung kebaikan. Siapa sangka suami yang awalnya hanya ingin hidup lebih sehat dan berhenti merokok ternyata berhasil mengumpulkan uang anggaran rokok dengan total akhir seharga satu unit motor. Tidak ada salahnya bila kita mengikuti tindakan apa yang sudah dicoba oleh keluarga ini.

Toh tidak ada yang akan dirugikan, bukan? Sudah, sekarang siapkan Rp 20 ribu untuk ditabung. Meski bukan celengan akuarium asalkan kita bisa melakukannya dengan rutin, maka hasilnya juga akan menyenangkan. (Viralmaya.id)

Jangan Minum Minuman Ini Dalam Waktu Berdekatan, Jika Tak Mau Berakhir TRAGIS Kayak Pria Ini..

Lintas-berita.com  - Untuk kamu yang suka menenggak minuman untuk membuat semangatmu “menyala” agaknya perlu waspada. Seorang cowok di Amerika Serikat yang bernama David Cripe meninggal setelah meminum kopi, minuman berenergi, dan soda dalam waktu berdekatan.


Peristiwa ini terjadi pada 26 April lalu. Di hari itu, dalam rentang waktu dua jam, David meminum Café latte yang ia beli dari McDonalds, minuman soda Mountain Dew dan minuman berenergi. Pada siangnya, ia tiba-tiba pingsan di kelas.

• Masih Ingat Kopi Sianida Maut? Begini Kabar Terbaru dari Kasus Jessica Wongso Temannya membawa ke rumah sakit, namun beberapa jam kemudian ia meninggal. Setelah dicek medis, ia dinyatakan meninggal karena gagal jantung yang dipicu oleh arrhythmia. Gary Watts, pejabat setempat, bilang kepada Washington Post, “Saya nggak bilang bahwa Anda akan mati karena minuman  berenergi.

Ini bukan soal kafein pada sistemnya, tetapi jumlah kafein yang ditenggaknya dalam waktu yang pendek yang kemudian memengaruhi kerja jantungnya." Dilaporkan Kompas.com, dokumen Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkap kalo kafein punya efek berbeda pada tiap orang. Ada yang tahan terhadap dosis tinggi, ada yang nggak kuat.

BACA juga artikel MENARIK lainnya :


Kafein yang udah masuk ke badan kita, akan diolah menjadi tiga senyawa. Pertama, paraxanthine yang membuat energi kita meningkat. • Situs Ini Tunjukkan Perubahan Mengejutkan Jika Kamu Berhenti Minum Kopi Selama Sebulan Kedua, theobromine yang bikin dilatasi pembuluh darah dan meningkatkan volume urin, dan teofilin untuk melemaskan otot-otot bronki.

Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk mengolah kafein tuh 4,9 jam. Sementara di bayi dan remaja, butuh 30 jam. Kafein yang terakumulasi berlebihan bisa memicu hati kita rusak berat, bro. Karena itu, jumlah kafein yang tuh ada batasannya. Amerika, Food and Drugs Administration (FDA) aja  mengajurkan anak dan remaja untuk tidak mengonsumsi kafein.

Di Indonesia, BPOM bilang bahwa batas kafein maksimum adalah 150 mg/hari dibagi minimal dalam 3 dosis. Dalam secangkir kopi saja udah bisa ada kandungan kafein sebanyak 50-200 mg. Jadi, perhatikan kadar kafein tiap kali lagi ngopi. Kalau udah kebanyakan minum kopi, biasakan banyak minum air putih. (Rizki Ramadan/Hai.grid.id)

Berita ini pernah dipublikasikan oleh Hai.gris.id dengan judul Duh. Cowok Ini Meninggal Setelah Meminum Kopi, Soda, dan Minuman Berenergi Dalam Waktu Berdekatan.
Sumber : Style.tribunnews